Menu
Pencarian

RIbuan WNA Naik Kereta Api saat Libur Tahun Baru 2024

Portaljtv.com - Selasa, 2 Januari 2024 20:07
RIbuan WNA Naik Kereta Api saat Libur Tahun Baru 2024
Warga Negara Asing saat menggunakan kereta api (Foto: Humas KAI)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat adanya peningkatan penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut pada libur tahun 2024. Ada kenaikan jumlah penumpang kereta api lokal hingga 48 persen dibanding tahun 2023. 

Pada 1 Januari 2024, jumlah penumpang yang menggunakan kereta api sebanyak 222.292 orang. Sementara pada tanggal yang sama tahun lalu, jumlah penumpang hanya 149.787 orang.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, peningkatan jumlah penumpang tersebut tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik. Serta tingginya minat masyarakat terhadap kereta api.

"Pelanggan yang semakin tinggi juga diperkirakan adanya sejumlah peningkatan pelayanan yang KAI lakukan seperti peremajaan sarana serta penambahan KA-KA baru dan fasilitas-fasilitas lainnya," jelasnya, Selasa (2/1/2023).

Baca Juga :   RIbuan WNA Naik Kereta Api saat Libur Tahun Baru 2024

Sementara kereta api jarak jauh dengan penjualan tiket tertinggi adalah KA Airlangga relasi Pasarturi-Pasarsenen yakni mencapai 2.320 penumpang. Sementara total kereta api yang dioperasikan selama libur tahun baru sebanyak 378.

"Liburan Nataru tahun ini tidak hanya dinikmati oleh penumpang domestik. KAI mencatat hingga hari ke-12 Nataru yakni 21 Desember 2023 s.d 1 Januari 2024, terdapat 7.570 penumpang WNA yang menggunakan transportasi kereta api," lanjut Joni.

Sementara relasi yang menjadi favorit warga negara asing tersebut tersebut adalah Jakarta – Bandung dan sebaliknya, Jakarta – Yogyakarta dan sebaliknya, dan Bandung – Yogyakarta dan sebaliknya.

Baca Juga :   Kemenkumham Jatim Pulangkan Pesepakbola Asing Asal Nigeria

"Sementara asal negara dari penumpang asing tersebut di antaranya dari Belanda, Jerman, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, China, dan lainnya,” tandasnya.

Editor : A.M Azany





Berita Lain