Menu
Pencarian

Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Indonesia Jaga Peluang ke Olimpiade

Sofyan Hendra - Jumat, 26 April 2024 06:46
Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Indonesia Jaga Peluang ke Olimpiade
Pratama Arhan menjadi penentu dalam duel adu penalti melawan Korea Selatan di laga perempat final Piala Asia U-23. (Foto: PSSI)

DOHA - Timnas Indonesia U-23 secara dramatis lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Di laga perempat final, skuad Garuda Muda berhasil menyingkirkan Korea Selatan lewat adu penalti setelah kedua tim bertarung dengan skor imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu. Kesuksesan bersejarah ini sekaligus menjaga peluang Indonesia untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

Berlaga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu lewat gol Rafael Struick di menit ke-15. Namun Korsel berhasil menyamakan kedudukan di menit ke 45+1. Skor imbang tak berlangsung lama. Sebelum turun minum, Indonesia kembali unggul lewat Struick yang mencetak brace di menit ke-45+5.

Pertandingan makin seru setelah kedua tim tetap bermain terbuka. Sampai pada menit ke-69, Korea Selatan kehilangan satu pemain yang mendapatkan kartu merah. Wasit Shaun Evans mengusir Lee Young Jun karena melanggar Justin Hubner. Namun bermain dengan 10 pemain malah membuat Taeguk Warriors makin menekan jantung pertahanan Indonesia. Sampai pada menit ke 85, gawang Ernando Ari kembali bobol lewat skema serangan balik taktis yang diselesaikan dengan apik oleh Jeong San-bin.

Skor 2-2 di waktu normal terus berlanjut hingga extra time.  Adu pinalti juga terus menghasilkan skor imbang sampai seluruh algojo yang disiapkan menjalankan tugasnya. Pratama Arhan menjadi penentu kemenangan setelah sebelumnya penendang ke-12 Korea Selatan Kim Min Woo gagal mengeksekusi. Tim asuhan Shin Tae Yong menang 11-10 dalam drama adu penalti tersebut.

Baca Juga :   Erick Thohir Tetap Memuji Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Hasil tersebut membuat Indonesia masih berada di jalur Olimpiade Paris 2024. Sebab, Piala Asia U-23 merupakan ajang kualifikasi zona Asia di ajang multievent tersebut. Juara, runner-up, dan peringkat ketiga akan langsung melenggang ke Paris. Sedangkan peringkat keempat akan menghadapi wakil Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), yakni Guinea U-23. Indonesia sudah lama tidak mengirimkan wakil di cabang sepakbola Olimpiade. Kali terakhir tampil adalah pada Olimpiade Melbourne 1956. Di ajang itu, Indonesia terhenti di perempat final setelah kalah dari Uni Sovyet. (sof) 

Editor : Sofyan Hendra





Berita Lain