Menu
Pencarian

Gus Salam Ungkap Dugaan Kepentingan Politik di Balik Pemberhentian KH Marzuki Mustamar

Portaljtv.com - Rabu, 3 Januari 2024 19:30
Gus Salam Ungkap Dugaan Kepentingan Politik di Balik Pemberhentian KH Marzuki Mustamar
KH Marzuki Mustamar (Foto: Dok. Ponpes Kyai Galang Sewu)

SURABAYA - Pengasuh Pondok Pesanttren Manbaaul Maarif Denanyar menilai pemberhentian KH. Marzuki Mustamar dari posisinya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tidak bisa untuk tidak dikaitkan dengan kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Gus Salam saat menjadi narasumber dalam program Jatim Gaspol yang disiarkan langsung JTV, Rabu (3/1/2023) malam. Program tersebut mengangkat tema 'Utak-atik Ketua PWNU Jatim di Tengah Persaingan Pilpres'.

"Dalam momentum seperti ini sulit sekali untuk kemudian menganggap ini tidak ada kaitannya dengan situasi politik atau tidak ada unsur politisnya," ucap Gus Salam.

Mantan Wakil Ketua PWNU Jatim ini menilai pemberhentian itu sarat dengan kepentingan politik karena keputusan tersebut disampaikan dalam sebuah pertemuan tertutup antara PBNU dengan PCNU se-Jawa Timur. 

Baca Juga :   Lazisnu Surabaya Salurkan 300 Paket Makanan Siap Saji untuk Panti Asuhan, Pesantren dan Musafir

"Isi dari pertemuan itu hanya dua, satu adalah tentang pemberitahuan pemberhentian KH Marzuki Mustamar dari Ketua PWNU dengan beberapa alasan yang kemudian terbuka adanya surat yang beredar," terang Gus Salam.

"Poin yang kedua yang disampaikan dalam pertemuan itu adalah pengarahan dari Rais Aam, ketua umum kepada struktur PCNU untuk membantu dan katakan berpihak kepada paslon tertentu, 02 dalam hal ini," sambungnya.

Karena itu Gus Salam menganggap pemberhentian KH Marzuki Mustamar dari jabatan ketua PWNU Jatim tidak sesuai aturan. Ia juga menolak berbicara sosok penggantinya karena siapun yang menggantikan sama saja merebut hak dari pimpinan Ponpes Sabiilul Rosyad Kota Malang itu.

Baca Juga :   Ricuh, Ansor Bubarkan Pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Gunung Anyar

"Saya menganggap pemberhentian KH Marzuki Mustamar ini tidak sesuai dengan aturan organisasi," Gus Salam menambahkan.

"Sehingga nanti kalau pun ada pergantian, dalam hati saya, dalam keyakinan saya mengatakan orang yang mengganti, orang yang ghasab terhadap haknya KH Marzuki Mustamar," tandas cucu pendiri Nahdlatul Ulama tersebut.

Editor : A.M Azany





Berita Lain