Menu
Pencarian

Pj. Wali Kota Aries Serahkan Sertifikat Halal Gratis Kepada Pedagang dan UMKM

Portaljtv.com - Selasa, 27 Februari 2024 22:47
Pj. Wali Kota Aries Serahkan Sertifikat Halal Gratis Kepada Pedagang dan UMKM
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyerahkan 1001 sertifikat halal gratis bagi pedagang dan UMKM di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, Senin (26/2/2024).(Foto: Humas Pemkot Batu)

KOTA BATU - Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyerahkan 1001 sertifikat halal gratis bagi pedagang dan UMKM di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, Senin (26/2/2024).

Dari laporan Kepala Kementrian Agama Kota Batu, dari 1847 pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal, 1668 pemohon yang sudah mendapatkan sertifikat halal.

Pj. Aries mengatakan dengan penyerahan sertifikat halal ini bisa memunculkan rasa aman dan nyaman bagi para pembeli, sekaligus meyakinkan apa yang dikonsumsi memiliki jaminan kehalalan yang telah dimiliki oleh para pedagang.

Selain itu, Pj. Aries menambahkan dalam momen ini merupakan kesempatan yang tepat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Baca Juga :   Pj. Wali Kota Aries Promosikan Potensi Pariwisata Kota Batu di TPO Regional Meeting 2024 Malaysia

"Sertifikasi halal ini menjadi pemberi jaminan kepada masyarakat terkait apa yang dikonsumsi. Sebab hal ini sangat penting semakin halal makanan yang diproduksi semakin tenang pariwisatawan dan masyarakat untuk mengkonsumsi produk yang dijual oleh pedagang," kata Pj. Aries.

Pj. Aries juga berharap agar seluruh pedagang yang ada di Kota Wisata Batu juga bisa memperoleh sertifikasi halal. Pemerintah Kota Batu berkomitmen untuk membantu masyarakat untuk memperoleh sertifikasi melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, UMKM dan Perdagangan, dan Kementerian Agama Kota Batu.

"Memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya pedagang bisa memperoleh informasi dari dinas koperasi dan Kementerian Agama Kota Batu untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat halal ini," tambah Pj. Aries.

Baca Juga :   Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwaslucam, Ini Syarat dan Jadwalnya

Pj. Aries juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, dan berharap pedagang juga bisa mempertahankan kualitas produknya untuk tetap bersih dan halal.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam program ini. Semoga ini dapat menjadi dan menjadi barokah untuk semua. Semoga produk-produk yang dihasilkan betul-betul telah terjamin kehalalannya agar dapat dikonsumsi dengan aman oleh para wisatawan dan masyarakat Kota Batu," pungkas Pj. Aries.

Sementara itu, Kepala Diskumperindag, Aris Setiawan menargetkan sertifikasi halal bisa mencapai 2.000 sertifikat. Dengan begitu produk UMKM di Kota Batu mempunyai kurasi yang bagus dan terukur dengan kualitas yang lebih baik pula.

Baca Juga :   Berwisata ke Kota Batu, Khofifah Kenalkan Satwa Jatim Park 2 ke Cucu

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Batu, Kapolres Batu, Dandim 0818, Kajari Kotw Batu, Sekretaris Daerah, serta jajaran OPD Pemerintah Kota Batu. Selain itu hadir pula perwakilan dari asosiasi pedagang kaki lima, perkumpulan pedagang kantin sekolah, PHRI dan pedagang yang mendapatkan sertifikat dan pedagang yang sedang dalam proses pengajuan sertifikasi halal.(Rafli Firmansyah)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain