Menu
Pencarian

LKS Provinsi Usai, Jatim Fokus Tatap Juara LKS Nasional

Portaljtv.com - Sabtu, 27 Mei 2023 05:14
LKS Provinsi Usai, Jatim Fokus Tatap Juara LKS Nasional
Pemenang lomba SMK tingkat Jawa Timur

JEMBER - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jember, jumat (26/5/23) sore, mencapai puncaknya. 

37 siswa SMK terbaik Jawa Timur telah terjaring melalui kompetisi ketat, dan disiapkan untuk beradu skill dengan siswa SMK terbaik se- Indonesia pada ajang LKS tingkat nasional Oktober 2023 mendatang di Surabaya. 

Sebanyak 54 bidang lomba telah terjaring pemenang 1, 2, dan 3. Masing-masing juara mendapat hadiah piagam dan sejumlah uang pembinaan. Juara 1 senilai Rp 5 juta, juara 2 senilai Rp 2,5 juta, dan juara 3 senilai Rp 2 juta.

Dari 54 bidang yang diperlombakan, sebanyak 37 bidang lomba akan mendelegasikan juara pertamanya untuk bertanding di LKS nasional 2023. 

Baca Juga :   5 Bidang Lomba Diperebutkan 124 Siswa SMK

Plt, Kepala dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi, mengatakan akan mengawasi para pemenang 1 lomba, untuk terus meningkatkan skill menuju Oktober mendatang. 

"Masing-masing juara 1 bidang lomba akan terus kami perhatikan untuk terus melatih diri. Agar pada lomba kompetensi siswa tingkat nasional yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2023 di Surabaya, juara umumnya bisa diraih siswa SMK di Jawa Timur, " Tegas Wahid. 

Wahid memberikan apresiasi kepada pihak sekolah SMK yang berkompetisi, karena terjadi peningkatan jumlah peserta yang signifikan dari tahun sebelumnya sebesar 78%. Angka ini menunjukkan keseriusan sekolah dalam meningkatkan skill dan keterampilan siswa. 

Baca Juga :   167 Siswa Smk Terbaik Jawa Timur Adu Skill 7 Bidang Lomba

"Saya mengapresiasi kepada SMK-SMK yang mengikuti lomba kompetensi siswa tahun 2023 karna ada peningkatan yang signifikan dari sebelumnya. Tahun ini pesertanya 1620 siswa, tahun kemarin hanya 918 siswa, jadi ada peningkatan 76%. Ini menunjukkan bahwa atensi siswa, para guru dan kepala sekolah untuk menampilkan kompetensi siswanya meningkat tajam," Ujar Wahid. 

Meski begitu, Wahid berpesan kepada para juara untuk tidak lekas puas dengan hasil yang diraih. Masih ada tugas berat yang akan menanti para juara mengemban amanah Jawa Timur.  Pihak sekolah pun, diminta serius memberikan pelatihan intensif kepada para juara. 

"Semua juara 1, kami sudah minta kepada Kepala Sekolah untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang intensif. Dengan menggandeng DUDIKA (Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja), menggandeng perguruan tinggi termasuk politeknik, agar di bulan Oktober 2023 nanti para juara 1 LKS tingkat Provinsi Jawa Timur ini betul-betul siap bertarung, " Tegas Wahid. 

Baca Juga :   LKS Provinsi Usai, Jatim Fokus Tatap Juara LKS Nasional

Tak tanggung-tanggung, Wahid menargetkan Jawa Timur meraih posisi terbaik di panggung Nasional nanti. 

"Target juara umum LKS tingkat Nasional tahun 2023," Terang Wahid. 

Salah seorang peraih juara 1 lomba, sopidiatur putra, yang turun di bidang lomba nautica, mengaku bersyukur dan tidak menyangka  dirinya akan memenangi lomba. 

"Sebelumnya saya tidak mengira saya bisa juara 1. Karena selisih poinnya cukup tipis untuk juara 1, 2, dan 3," Tegas siswa SMKN 2 Turen, Malang tersebut. 

Meraih juara di kompetisi terbesar se Jawa Timur bukan hal yang mudah. Dirinya mengaku menghabiskan waktu selama 6 bulan berlatih untuk menyiapkan perlombaan ini. 

"Untuk sekolah saya sendiri sudah dipersiapkan selama 6 bulan, mulai dari bulan 11 hingga bulan 5," Terang putra. 

Usaha keras tidak pernah menghianati hasil. Begitu kira-kira yang disampaikan para juara di kompetisi ini. Selanjutnya para juara 1 ini masih akan berlatih dengan intens, untuk menyiapkan diri menuju kompetisi akbar, LKS tingkat nasional Oktober 2023 nanti. 

Reporter:Lutfi Qurrohman

Editor: Vita Ningrum





Berita Lain