Menu
Pencarian

Doa agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Portaljtv.com - Minggu, 31 Maret 2024 13:08
Doa agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi Lailatul Qadar

Ramadan tahun ini telah memasuki sepuluh malam terakhir. Bagi umat Islam, ini adalah masa-masa yang diyakini penuh dengan ampunan dari Allah. Banyak orang berlomba-lomba menjalankan ibadah terbaik demi mendapatkan Lailatul Qadar.

Sebenarnya apa itu Lailatul Qadar?

Lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang dalam Alquran disebut lebih baik dari seribu bulan. Seperti termaktub dalam dalam surat Al-Qadr yang artinya:

"Sesungguhnya Aku telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Baca Juga :   Amalan-Amalan yang Dianjurkan di 10 Malam Terakhir Ramadan

Lailatul Qadar juga dijelaskan di surat Ad-Dukhan ayat 3-4 yang artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

Selain dianjurkan memperbanyak amalan, Lailatul Qadar juga menjadi salah waktu mustajab diijabahnya doa. Berikut doa Lailatul Qadar beserta artinya sebagaimana dilansir NU Online:

Ada dua doa malam Lailatul Qadar yang berasal dari dua riwayat hadits dari Sayyidah Aisyah ra.

Baca Juga :   Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

1. Doa malam Lailatul Qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi.

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Baca Juga :   Doa agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Doa tersebut diambil dari kutipan hadits riwayat Imam At-Tirmidzi berikut:

وَعَنْ عائشة رضي الله عنها: قالت: «قلت: يا رسولَ الله إِنْ وَافَقْتُ ليلةَ القَدْرِ ، ما أَدْعُو به؟ قال: قُولي: اللهم إنك عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُ الْعَفْوَ فاعْفُ عَنِّي» أخرجه الترمذي

Baca Juga :   Berbagi kepada Sesama di Salam Fitri JTV

Artinya: Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai Lailatul Qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, “Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī” (HR At-Tirmidzi).

2. Doa malam Lailatul Qadar berdasarkan riwayat lima Imam hadits kecuali Imam Abu Dawud.

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Baca Juga :   Ada Doorprize Logam Mulia, Ayo Kunjungi Kampung Ramadhan JTV di Alun-Alun Sidoarjo

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Adapun bunyi hadits riwayat lima imam hadits kecuali Imam Abu Dawud adalah:

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اَللَّهِ: أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ اَلْقَدْرِ, مَا أَقُولُ فِيهَا? قَالَ: "قُولِي: اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي" رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ غَيْرَ أَبِي دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ

Artinya: Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah Lailatul Qadar. Bagaimana doa yang harus kubaca?. Rasulullah saw menjawab: Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (HR lima imam Hadits kecuali Imam Abu Dawud. Hadits ini diakui shahih oleh Imam A-Tirmidzi dan Al-Hakim). (sof)

Editor : Sofyan Hendra





Berita Lain