Menu
Pencarian

Paus Pilot Terdampar di Probolinggo, Nelayan Berjaga Hingga Air Pasang

Farid Fahlevi - Sabtu, 19 Oktober 2024 09:58
Paus Pilot Terdampar di Probolinggo, Nelayan Berjaga Hingga Air Pasang
Paus pilot yang terdampar di pantai utara Probolinggo

PROBOLINGGO - Nelayan di Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dikejutkan dengan ditemukannya seekor paus pilot terdampar di Pantai Utara Probolinggo pada Jumat sore. Paus yang memiliki panjang sekitar enam meter dan berat lebih dari satu ton ini ditemukan masih hidup, namun dalam kondisi lemah karena kekurangan air.

Sugianto, seorang nelayan yang pertama kali menemukan paus tersebut, mengira awalnya ia melihat jaring terdampar saat sedang mencari kerang di pantai.

"Awalnya saya pikir itu jaring terbawa ombak, tapi setelah saya dekati, ternyata paus terdampar," ujar Sugianto.

Warga sekitar segera bergotong-royong untuk menjaga paus agar tetap hidup. Mereka secara bergantian menyiram tubuh paus dengan air laut dan membuat kubangan untuk memastikan tubuh mamalia laut tersebut tetap terendam sebagian.

Mereka berharap paus dapat bertahan hingga air laut kembali pasang, yang diharapkan dapat membantunya kembali ke lautan.

Maya Unisma, penyuluh perikanan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Probolinggo, memperkirakan bahwa paus pilot yang terdampar ini masih tergolong anakan.

"Perairan utara Probolinggo dengan ombak yang tenang sering dilalui paus pilot maupun whale shark atau hiu tutul saat mereka bermigrasi," jelasnya.

Nelayan dan warga setempat berencana untuk terus menjaga paus pilot ini hingga air laut pasang, dengan harapan mamalia laut tersebut dapat kembali ke habitatnya dengan selamat.

Paus pilot adalah salah satu hewan laut yang dilindungi, sehingga upaya warga sangat berarti untuk kelestarian satwa tersebut. (Farid Fahlevi/Dhelfia Ayu)

Editor : Iwan Iwe






Berita Lain



Berlangganan Newsletter

Berlangganan untuk mendapatkan berita-berita menarik dari PortalJTV.Com.

    Cek di folder inbox atau folder spam. Berhenti berlangganan kapan saja.