Menu
Pencarian

Retas Ratusan Website, Pemuda Lulusan Smp Diamankan Polda Jatim

Portaljtv.com - Selasa, 6 Juni 2023 11:45
Retas Ratusan Website, Pemuda Lulusan Smp Diamankan Polda Jatim
hacker OPD Kabupaten Malang ditangkap Polda Jatim
SURABAYA -

Subdit V Siber Direskrimsus Polda Jatim, kembali mengamankan seorang hacker lulusan Smp, asal Lumajang, yang berhasil meretas ratusan website, salah satunya website milik beberapa OPD kabupaten malang. Website yang berhasil diretas ini kemudian dijual seharga 1 setengah sampai 2 dollar, per-website.

Ahmad Romadhoni ( 21), seorang hacker warga Lumajang yang berhasil diamankan Subdit V Siber Direskrimsus Polda Jatim. Pemuda lulusan Smp ini ditangkap setelah sukses meretas ratusan website, salah satunya milik beberapa OPD di pemerintahan Kabupaten Malang. 

Dalam melakukan peretasan, tersangka, yang merupakan anggota komunitas cukimay cyber team (CCT) ini, menggunakan modus menanamkan backdoor file yakni perangkat lunak guithub dot com atau noniod-7 yang dibuat untuk menyusup ke website yang menjadi target.

Selama 2 tahun menjalankan aksinya sebagai hacker, tersangka sudah meretas ratusan website, yang rata - rata milik instansi pemerintah. Setelah menguasai website tersebut, tersangka menjual kepada seseorang dengan harga 1 setengah sampai 2 dollar per-website.

Baca Juga :   Penanganan Kasus Investasi Bodong CV Cuan Puluhan Miliar Bagai ’Siput’

“tujuan tersangka meretas website ini untuk menunjukkan eksistensi diri, sebagai seorang hacker”.ungkap AKBP Arman, Wadirreskrimsus Polda Jatim

Dari penangkapan tersangka, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, berupa laptop dan handphone, yang digunakan sebagai operasional tersangka dalam menjalankan aksinya.

Reporter : Bagus Setiawan

Baca Juga :   Sobek Surat Putusan Eksekusi, Pengusaha Marmer Dilaporkan ke Polda Jatim





Berita Lain