Menu
Pencarian

PDIP Dan Nasdem Diprediksi Kehilangan Kursi di DPRD Kota Surabaya

Portaljtv.com - Selasa, 5 Maret 2024 20:25
PDIP Dan Nasdem Diprediksi Kehilangan Kursi di DPRD Kota Surabaya
Imam Syafii Ketua Bappilu Nasdem Surabaya (Ft Istimewa)

SURABAYA - Proses rekapitulasi suara tingkat kota masih berlangsung. Namun dari data sementara yang masuk pada kontestasi pileg 2024 sejumlah parpol diprediksi mendapatkan kursi dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding tahun 2019.

Dari hasil sementara sirekap untuk pileg DPRD Surabaya hingga hari ini tercatat baru 59 persen suara yang masuk. Dari data tersebut diprediksi sejumlah parpol ada yang mengalami penurunan kursi dibandingkan dengan tahun 2019 lalu. Yakni PDIP yang diprediksi kehilangan 5 kursi dari 15 menjadi 10 kursi, Nasdem dan Demokrat masing masing kehilangan 1 kursi. untuk Nasdem dari 3 menjadi 2 kursi dan Demokrat dari 4 menjadi 3 kursi.

Sedangkan sejumlah parpol juga diprediksi mengalami kenaikan kursi seperti Gerindra naik 5 kursi dari 5 menjadi 10 kursi dan psi dari 4 kursi menjadi 6 kursi. Untuk PKB, Golkar, PKS, PAN dan PPP diprediksi mendapat jatah kursi yang sama dengan pileg 2019. PKB, Golkar, PKS 5 kursi, PAN 3 kursi dan PPP 1 kursi.

Ketua DPD PKS Surabaya Johari Mustawan mengaku jika berdasarkan tabulasi data internal PKS Surabaya/, kursi PKS Surabaya diprediksi sama dengan 2019 namun masih memiliki potensi bertambah menjadi 6 sampai 7 kursi tergantung pada hasil hitung di dapil 3 dan 4.

Baca Juga :   Tiga Parpol Koalisi Raksasa Hadapi Demokrat dan Incumbent di Pilkada Pacitan

Sementara itu ketua Bappilu Nasdem Surabaya Imam Syafii mengakui jika Nasdem kehilangan 1 kursi pada pileg tahun ini. Meski kehilangan 1 kursi bukan berarti Nasdem membenarkan praktik kecurangan yang marak terjadi pada proses rekapitulasi suara DPRD kota surabaya yang marak terjadi di kecamatan di dapil 3. (Atiqoh Hasan). 

Editor : Ferry Maulina





Berita Lain