Menu
Pencarian

Gedung Prof. Dr. Moeljono Notosoedirdjo RSJ Menur Diresmikan Gubernur Jawa Timur

Portaljtv.com - Selasa, 20 Juni 2023 19:10
Gedung Prof. Dr. Moeljono Notosoedirdjo RSJ Menur Diresmikan Gubernur Jawa Timur
Peresmian gedung Prof. Dr. Moeljono Notosoedirdjo RSJ Menur

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung integrasi Prof. Dr. dr. Moeljono Notosoedirdjo Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur di jalan Raya Menur No. 120, Surabaya, Senin (19/6/23). Peresmian ini  menjadi penanda, bahwa RSJ Menur akan menjadi pusat layanan kesehatan jiwa dan mental terdepan.  Gedung ini sendiri dibangun sejak tahun 2018 lalu dan baru selesai di tahun 2022 , dan telah dilakukan uji coba pelayanan sejak 27 Februari 2023.

Khofifah berharap  RSJ Menur dapat melakukan rebranding di tengah upaya transformasi kesehatan yang dilakukan Pemprov  Jatim dan menjadi "center of excellence" untuk kesehatan jiwa dan kesehatan mental.

"Saya rasa gedung yang indah dan megah  ini bisa menjadi referensi kepada seluruh masyarakat atas layanan  "center of excellence" kesehatan jiwa dan mental. Sehingga yang dikedepankan adalah sehatnya ," katanya.

Gedung yang terdiri dari  enam lantai ini adalah  bagian dari transformasi kesehatan yang dilakukan oleh RSJ Menur.  Saat ini  juga memberikan layanan kesehatan non jiwa.  Tak hanya itu, gedung Prof Moeljono juga dilengkapi berbagai alat kesehatan untuk mendukung layanan secara komprehensif. Diantaranya instalasi radiologi, layanan laboratorium, layanan gizi dan layanan farmasi.

Baca Juga :   Khofifah Kagumi Kemegahan Jembatan Kaca Bromo

Dengan dibangunnya gedung integrasi ini, Khofifah mengajak seluruh keluarga besar RSJ Menur untuk terus meningkatkan kualitas mutu layanan dan inovasi. Ini penting, untuk memberikan perspektif baru kepada masyarakat bahwa tidak hanya layanan kesehatan jiwa yang bisa didapatkan dari RSJ Menur.

"Sebelumnya kesan rumah sakit jiwa membuat orang takut teridentifikasi ada gangguan jiwa, tapi kalau di sini menjadi "center of excellence" yakni pusat layanan kesehatan jiwa dan mental maka bagi yang depresi, bipolar, skizofrenia maka mereka dengan sukacita akan bisa mendapatkan layanan di sini," tuturnya.

Sementara itu, Dirut RSJ Menur drg. Vitria Dewi mengatakan bahwa gedung ini sudah diuji coba pelayanan sejak tanggal 27 Februari 2023 dengan tujuan adalah untuk melihat kesiapan gedung. Pihaknya ingin rumah sakit ini hadir sebagaimana kehadiran pemerintah untuk masyarakat. Apalagi kebanyakan pasien di RSJ Menur juga banyak yang  ditinggalkan keluarganya.

Baca Juga :   60 Ribu Jamaah Melaksanakan Salat Ied Dimasjid Nasional Al Akbar

Selain itu , RSJ Menur juga memiliki inovasi klinik gangguan belajar yang akan memberikan layanan bagi anak-anak yang ketergantungan gadget, pornografi dan bahkan pinjaman online atau pinjol.  " Jadi inilah yang menjadi keprihatinan kami dan kami membuka inovasi klinik gangguan belajar. Misalnya ada anak yang enggak bisa belajar, bisa ke sini karena lebih nyaman, dan itu adalah salah satu tugas kami," ungkapnya.

Sebagai informasi saat ini RSJ Menur memiliki fasilitas layanan rawat jalan, layanan rawat inap, layanan gawat darurat, layanan pemeriksaan kesehatan atau medical check up, layanan psikologi, layanan kesehatan jiwa anak dan remaja, layanan rehabilitasi dan instalasi rehabilitasi napza.

Reporter: Selvy Wang 

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Ajak PWI Jatim Masifkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Editor:Vita Ningrum 





Berita Lain