Menu
Pencarian

Inisiasi Gerakan Filantropi di Jatim, Gus Lilur Raih Penghargaan FJN Awards 2023

Portaljtv.com - Minggu, 17 Desember 2023 20:36
Inisiasi Gerakan Filantropi di Jatim, Gus Lilur Raih Penghargaan FJN Awards 2023
Gus Lilur menerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 versi FJN. (Foto : Istimewa)

SURABAYA - Ketua Umum Netra Bakti Indonesia (NBI) HRM. Khalilur R. Abdullah Sahlawiy menginisiasi gerakan filantropi lewat wadah Filantropi NBI. Setiap pekan ia menyalurkan bantuan sosial (Bansos) secara berkala di sejumlah derah di Jawa Timur. 

Empatinya terhadap rakyat kecil itu, pria yang akrab disapa Gus Lilur itu mendapatkan apresisi dari Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN). Kader muda NU asal Situbondo itu dinobatkan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif tahun 2023.

"Gus Lilur adalah seorang filantropis yang rutin membantu rakyat miskin. Kepeduliannya itu menjadi salah satu alasan FJN menobatkan dirinya sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023. Alhamdulillah, penghargaannya sudah kita sampaikan langsung kepafa beliau," kata Ketua Umum FJN, Muhamad Didi Rosadi, Minggu (17/12/2023).

Menurut jurnalis koran Harian Bangsa terbitan Surabaya yang akrab disapa Diday tersebut, sosok Gus Lilur bisa dijadikan tauladan bagi masyarakat, terutama kaum nahdliyin.

Baca Juga :   Inisiasi Gerakan Filantropi di Jatim, Gus Lilur Raih Penghargaan FJN Awards 2023

Diday melanjutkan, kepedulian alumni santri Denanyar Jombang itu tidak hanya pada masalah sosial. Gus Lilur juga peduli pada masalah pendidikan.

"Beliau juga memberikan beasiswa untuk para santri dari luar pulau Jawa untuk mondok di sejumlah pesantren di Pulau Jawa. Tak hanya biaya pendidikan, biaya hidup santri pun dipenuhi. Ini patut kita apresiasi," imbuh Diday.

Diday mengatakan pelaksanaa FJN Award ini sudah berjalan di tahun yang keempat. Sebelum menetapkan siapa yang berhak mendapatkan penghargaan, FJN melakukan riset dan diskusi internal.

Kader Ansor ini menjelaskan, penghargaan ini bersifat independen dan imparsial alias netral atau tidak memihak.

"Kami tidak membuka komunikasi dengan pihak-pihak yang mendapat penghargaan hingga penghargaan ini diumumkan. Kami menjaga independensi dari penghargaan ini," tandas Diday.

Sementara itu, Gus Lilur mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh FJN. Ketua Umum NBI ini mengaku bahwa aksi sosial yang dia lakukan semata-mata untuk mencari bekal di akhirat. 

Alumnus UIN Sahid Jakarta ini menegaskan apa yang ia lakukan tidak ada kepentingan atau tujuan politik. Ia berharap, ke depan bisa terus bersinergi dengan Jurnalis Nahdliyin untuk bersama-sama menebar kebaikan.

 "Harta dunia ini tidak kita bawa mati. Jadi amal baik itulah bekal kita nanti," pungkasnya. (Ayul Andhim)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain