Menu
Pencarian

Harga Bumbu Dapur Melonjak di Tuban: Pedagang Keluhkan Minimnya Stok dari Petani

Portaljtv.com - Sabtu, 19 Oktober 2024 10:38
Harga Bumbu Dapur Melonjak di Tuban: Pedagang Keluhkan Minimnya Stok dari Petani
Bumbu dapur di Pasar Baru Tuban alami lonjakan harga.

TUBAN - Kenaikan harga bumbu dapur terus terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban, seperti yang terpantau di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada pada Jumat (18/10/2024).

Harga cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan bawang putih melonjak cukup tajam, kenaikan ini disebabkan oleh keterbatasan stok yang disuplai oleh para petani, sehingga memengaruhi ketersediaan stok bumbu dapur di pasaran.

Di Pasar Baru Tuban, harga cabai rawit merah yang sebelumnya dijual Rp30.000 per kilogram kini naik menjadi Rp35.000.

Sementara itu, harga cabai rawit hijau yang awalnya Rp20.000 juga mengalami lonjakan sebesar Rp5.000 menjadi Rp25.000 per kilogram.

Komoditas bawang putih turut mengalami kenaikan harga, dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 per kilogram.

Namun, harga bawang merah dan cabai keriting masih terpantau stabil, dimana bawang merah dijual dengan harga Rp25.000 per kilogram, sedangkan cabai keriting dijual Rp15.000 per kilogram.

Para pedagang bumbu dapur di Pasar Baru, Tuban mengeluhkan kondisi ini, sebab kenaikan harga menyebabkan daya beli masyarakat menurun.

Rusminatun, salah satu pedagang bumbu dapur, menyatakan bahwa sejak harga naik, penjualannya menurun drastis.

"Kenaikan harga sudah dari sebulan yang lalu, pembeli banyak yang membeli dalam jumlah sedikit karena harganya mahal," ujarnya.

Menurut para pedagang, cuaca yang tidak menentu dan peralihan musim turut mempengaruhi produksi petani lokal, sehingga stok menjadi terbatas.

Mereka berharap agar pemerintah daerah atau pihak terkait segera turun tangan untuk berkoordinasi dengan para petani agar harga di pasaran tetap stabil.(Dziky Muhamad/Khusni Mubarok/Selvina Apriyanti)

Editor : Iwan Iwe






Berita Lain



Berlangganan Newsletter

Berlangganan untuk mendapatkan berita-berita menarik dari PortalJTV.Com.

    Cek di folder inbox atau folder spam. Berhenti berlangganan kapan saja.