Menu
Pencarian

Angin Kencang Disertai Hujan Deras Terjang Puluhan Rumah Warga Dikecamatan Bungatan

Portaljtv.com - Jumat, 10 Februari 2023 15:43
Angin Kencang Disertai Hujan Deras Terjang Puluhan Rumah Warga Dikecamatan Bungatan
Kondisi rumah yang diterjang puting beliung

SITUBONDO - Bencana angin puting beliung disertai hujan deras, menerjang puluhan rumah warga di desa pasir putih kecamatan bungatan kabupaten Situbondo, kamis (9/2/23). Akibatnya, sejumlah pohon dan rumah warga di dua dusun kecamatan bungatan, berdampak langsung terjangan angin puting beliung.

Angin puting beliung awal kali mengitari rumah warga di Dusun Krajan dan selanjutnya menerjang pemukiman warga di dusun Tegal Mulyo kecamatan Bungatan. Akibatnya warga terdampak angin puting beliung, sempat panik dan berhamburan keluar rumah mereka masing masing..

Kejadian ini terjadi saat intensitas hujan Deras melanda wilayah desa pasir putih kecamatan bungatan, dan warga terdampak sedang berada di dalam rumah. Tak lama kemudian angin puting beliung langsung menerjang kurang lebih satu menit, " awal hujan deras terus datang angin kencang", ujar Abdul wafi warga dusun krajan.

"Awal itu hujan deras mengguyur, saya beserta keluarga berada di dalam rumah. Tak lama kemudian angin kencang datang dan merusak rumah saya. Sontak saya beserta keluarga langsung keluar rumah untuk berlindung diri", kata Abdul syukur.

Baca Juga :   Diterjang Longsor, Akses ke Kawasan Ijen Bondowoso Lumpuh

Terjangan angin puting beliung ini, menyebabkan genting atap rumah maupun asbes, berhamburan bahkan runtuh ke dalam rumah milik warga. Reruntuhan puing bangunan rumah, merusak sejumalah harta benda milik warga di dua dusun.

Tim kebencanaan gabungan kabupaten Situbondo, Jumat pagi (10/2/23) telah meninjau ke dua dusun lokasi terdampak bencana angin puting beliung. Selain melakukan pendataan, petugas juga ikut membantu membersihkan puing puing reruntuhan atap rumah maupun pohon tumbang. " Angin puting beliung disertai hujan deras melanda puluhan pemukiman warga di dua dusun kecamatan bungatan", ujar Ipung anggota pusdalop BPBD Situbondo".

Data dari BPBD kabupaten Situbondo, tidak ada korban jiwa dan luka atas bencana angin puting beliung di dua dusun di desa pasir putih kecamatan Bungatan. Tercatat 25 unit rumah milik warga di dusun Tegal Mulyo dan dusun Krajan desa pasir putih kecamatan bungatan, alami kerusakan. Rincian data yakni 4 unit rumah rusak berat, 7 unit rumah rusak ringan dialami warga dusun Krajan. "Sedangkan di dusun Tegal Mulyo, sebanyak 5 unit rumah warga alami rusak berat dan 9 unit rumah rusak ringan", tutup Ipung.

Baca Juga :   Sempat Tertutup Batu Besar Longsor, Arus Kendaraan di Ruas Jalur Pacitan-Solo Kembali Normal

Reporter: Andi Nurcholis

Editor : Vita Ningrum





Berita Lain