Menu
Pencarian

935 Perenang Seberangi Selat Madura

Portaljtv.com - Minggu, 25 Februari 2024 23:16
935 Perenang Seberangi Selat Madura
Peserta mulai bersiap seberangi Selat Madura dari Pelabuhan Kamal Bangkalan. (Foto: Juli Susanto)

SURABAYA - Sebanyak hampir seribu perenang hari Minggu (25/02/2024) pagi berenang menyeberangi Selat Madura. Dengan keahlian serta stamina yang dimiliki, mereka berenang sejauh 4,6 kilometer dari Pelabuhan Kamal Bangkalan hingga ke Dermaga Ujung, Surabaya.

Sebanyak 935 peserta dari berbagai usia mengikuti lomba renang Selat Madura bertajuk Kasal Cup 2024. Peserta mulai berenang dari Pelabuhan Kamal di Kabupaten Bangkalan menuju ke dermaga ujung Koarmada II Surabaya. Peserta yang mencapai hampir seribu ini begitu antusias berenang melewati perairan yang memisahkan pulau Madura dengan pulau Jawa ini.

Lomba renang Selat Madura ini digelar untuk menyambut hari ulang tahun Komando Pasukan Katak, Kopaska ke-62 yang jatuh pada tanggal 31 Maret mendatang. Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, lomba ini digelar untuk menggairahkan kembali olahraga renang, sekaligus sebagai pembinaan bagi generasi muda. “Sebagai ajang pembinaan, kegiatan ini akan kita gelar secara rutin, mungkin setiap tahun,” ujar Laksamana TNI Muhammad Ali.

Tidak hanya diikuti oleh kalangan muda, lomba renang selat Madura ini juga menarik minat kalangan umum. Bahkan banyak peserta yang bersaing di kategori master dengan usia 40 tahun ke atas.

Baca Juga :   935 Perenang Seberangi Selat Madura

Salah satunya Komandan Kodikmar Kodiklatal. Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang yang mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti lomba selat Madura. Dirinya hanya rutin menjaga kondisi fisik dengan nutrisi dan olahraga teratur. “Kita hanya persiapan selama 2-3 minggu. Saya rasa itu cukup karena lomba renang ini tidak terlalu jauh jaraknya,” ujar perwira tinggi yang pernah menjabat sebagai ajudan Presiden Joko Widodo ini.

Mengingat medan yang dilalui cukup berat, seluruh peserta lomba renang selat Madura harus melewati tes kesehatan. Selama lomba, para peserta mendapatkan pengawalan dan diawasi oleh tim keamanan dan kesehatan TNI AL, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Juli Susanto)

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain