Menu
Pencarian

Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di GBK

Portaljtv.com - Jumat, 22 Maret 2024 09:14
Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di GBK
Rafael Struick berduel dengan penyerang Vietnam Pham Tuan Hai. (Foto: aseanfootball)

SURABAYA - Timnas Indonesia berhasil mengulang kemenangannya atas Vietnam. Kali ini Skuad Garuda tekuk Vietnam di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan skor 1-0. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Kamis (21/03) malam, tim besutan Shin Tae-yong menang berkat gol tunggal yang dicetak Egy Maulana Vikri pada menit 52.

Pertandingan melawan Vietnam menjadi matchday ketiga yang dijalani timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dua pemain naturalisasi anyar,Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes langsung dimainkan sebagai starter skuad Garuda.

Di babak pertama, permainan Rizki Ridho dkk masih kurang berkembang. Akibatnya, Vietnam lebih banyak menguasai lapangan. Beruntung tidak ada satupun peluang Vietnam yang mengancam gawang yang dikawal Adi Satryo.

Malah timnas Indonesia sempat mengancam gawang Vietnam pada menit 29 melalui aksi Rafael Struick yang menyerang dari sisi kiri. Kerjasama antar pemain garuda mulai terjalin baik. Termasuk saat kembali mengancam gawang lawan melalui umpan crossing Yakob Sayuri pada menit 33. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga :   Tekuk Vietnam, Indonesia Berpotensi Melesat 4 Tingkat di Ranking FIFA

Permainan skuad Garuda mulai menunjukkan bentuknya di babak kedua. Masuknya Pratama Arhan, Sandi Walsh, serta Egy Maulana Vikri mampu menghidupkan serangan. Skuad garuda kemudian berhasil mencetak gol pada menit 52. Lemparan ke dalam Pratama Arhan tak mampu diantisipasi pemain belakang Vietnam. Bola muntah disambar oleh EgyMaulana Vikri yang mencetak gol ke gawang Vietnam. Timnas Indonesia unggul 1-0.

Di menit 56, Ivar Jenner menciptakan ancaman ke pertahanan Vietnam. Sayangnya, bola yang diteruskan oleh Rafael Struick masih dapat diamankan oleh kiper Vietnam Nguyen Filip. Satu menit jelang akhir waktu normal, Egy nyaris mencetak gol keduanya usai menerima umpan dari Pratama Arhan. Sayangnya bola melenceng di samping gawang usai ditepis oleh Nguyen Filip.

Jay Idzes yang menjalani debutnya di pertandingan ini, mampu menunjukkan kematangannya sebagai bek tangguh Timnas. Hingga akhir pertandingan, Timnas Indonesia berhasil pertahankan kemenangan atas Vietnam dengan skor 1-0.

Baca Juga :   Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di GBK

Hasil ini seolah mengulang kesuksesan skuad Garuda saat mengalahkan Vietnam 1-0 di fase grup Piala Asia tahun 2023 lalu. Kemenangan ini antarkan Indonesia geser Vietnam dari posisi kedua grup F di bawah Irak yang mampu menyapu bersih kemenangan usai kemenangan 1-0 atas Filipina.

Di matchday berikutnya, skuad garuda akan bertandang ke markas Vietnam pada tanggal 26 Maret mendatang. Dua pemain naturalisasi anyar, Tom Haye dan Ragnar Oratmangoen punya potensi besar jalani debutnya di timnas Indonesia.

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain