Menu
Pencarian

Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Portaljtv.com - Jumat, 26 Januari 2024 08:39
Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023. (Foto: AFC Asian Cup)

SURABAYA - Timnas Indonesia memastikan tiket lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Skuad Garuda melaju ke fase berikutnya setelah merebut slot terakhir dalam ranking peringkat tiga terbaik.

Lolosnya Timnas Indonesia ke babak 16 Besar Piala Asia 2023 tak lepas dari hasil imbang 1-1 dalam pertandingan terakhir Grup F antara Kirgistan melawan Oman yang digelar Kamis (25/01/2024) malam kemarin.

Dalam pertandingan ini, Oman berpotensi menghapus harapan Indonesia untuk lolos ke babak 16 Besar bila mereka bisa mengalahkan Kirgistan yang menjadi tim juru kunci di Grup F. Demi meraih tiket lolos, Oman langsung menyerang habis-habisan ke pertahanan Kirgistan. Tim berperingkat 74 dalam ranking FIFA ini langsung mencetak gol cepat ke gawang Kirgistan pada menit 8. Unggul 1-0 membuat Oman berpotensi besar untuk lolos. Sementara Indonesia terancam harus memupus harapannya untuk mencetak sejarah lolos ke babak 16 Besar.

Kirgistan yang belum sekalipun menang, sempat mencetak gol balasan di menit awal babak kedua. Namun gol perdana Kirgistan di Piala Asia 2023 ini dianulir video assistant referee (VAR) akibat offside. Sebaliknya, Oman kembali mengancam dan nyaris gandakan keunggulan melalui peluang emas mereka pada menit 66.

Baca Juga :   Jelang Indonesia vs Vietnam: Tak Sabar Menunggu Debut Thom Haye

Kirgistan yang terus diserang, berupaya melakukan balasan. Mereka nyaris cetak gol ke gawang Oman pada menit 76 melalui tendangan salto yang sayangnya masih menerpa tiang gawang Oman.

Tim asal negara Asia Tengah ini akhirnya berhasil meruntuhkan gawang Oman pada menit 80. Tembakan Joel Kojo mampu mengoyak gawang Oman dan merubah skor menjadi imbang 1-1 yang bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan hasil imbang yang diraih Oman, maka satu tiket terakhir untuk lolos ke babak 16 Besar direbut oleh Indonesia sebagai salah satu dari 4 tim peringkat tiga terbaik di babak penyisihan grup.

Baca Juga :   Tekuk Vietnam, Indonesia Berpotensi Melesat 4 Tingkat di Ranking FIFA

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain