Menu
Pencarian

BMKG Juanda Warning Adanya Bencana Akibat Fenomena Gelombang Atmosfir "rossby"

Portaljtv.com - Jumat, 24 Februari 2023 20:32
BMKG Juanda Warning Adanya Bencana Akibat Fenomena Gelombang Atmosfir "rossby"
Prakirawan BMKG Juanda mengamati kondisi alam dari layar komputer

SIDOARJO - Untuk tiga hari kedepan  mulai tanggal 25 hingga 27 Jawa Timur akan  diancam berbagai macam bencana seperti banjir,banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung yang diakibatkan adanya fenomena alam  gelombang atmosfir  rossby yang diungkap oleh prakirawan bmkg kantor kelas 1 Juanda, Swasti Ayudia.

Akibat perubahan cuaca ekstrim yang diprediksi  akan terjadi mulai  besok 25 februari, warga jawa timur dihimbau lebih waspada,khususnya  untuk wilayah dengan kemiringan  seperti dataran tinggi serta wilayah kantong air seperti  di wilayah selatan.

Fenomena  gelombang atmosfir  rossby ekuator ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan awan hujan (konvektif) dalam skala luas, dan berpotensi terjadi hujan lebat disertai  angin kencang  secara bersamaan dengan akan  terjadi secara merata dengan durasi panjang. Dari pantauan  satelit  radar bmkg Juanda, Jawa Timur sangat  berpotensi  untuk  dilewati oleh  awan hujan konvektif untuk tiga hari kedepan.

Selain ancaman gelombang atmosfir  rossby ekuator, bmkg Juanda juga memprediksi  wilayah jawa timur, khususnya untuk kabupaten Sidoarjo, Gresik dan Surabaya untuk tiga hari kedepan terutama di kabupaten gresik akan terjadi hujan lebat.

Baca Juga :   BMKG Juanda Warning Adanya Bencana Akibat Fenomena Gelombang Atmosfir "rossby"

Reporter: Usrok Indra

Editor: Vita Ningrum 





Berita Lain