Menu
Pencarian

90 Calon Jamaah Haji Asal Jatim Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Portaljtv.com - Kamis, 9 Mei 2024 11:11
90 Calon Jamaah Haji Asal Jatim Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Sebanyak 90 calon jamaah haji dari Embarkasi Surabaya dipastikan gagal berangkat ke tanah suci akibat meninggal dunia, sakit dan hamil. (Foto: Nanda Andrianta)

SURABAYA - Kuota jamaah calon haji reguler di Embarkasi Surabaya berjumlah 39.322 calon jamaah haji. Mereka berasal dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur dan Bali. Seusai jadwal, mereka akan diberangkatkan pada 12 mei mendatang. 

Dari kuota jamaah tersebut, sebanyak 90 calon jamaah haji yang sudah dipastikan gagal berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji tahun 2024 ini.

Abdul Haris, sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan awalnya jamaah calon haji gagal berangkat tahun ini berjumlah sekitar 70 jamaah. Namun pada rabu siang bertambah 20 calon jamaah haji karena berbagai sebab.

Diantaranya meninggal dunia, sakit, usia kehamilan yang memang dilarang untuk berangkat, hingga keperluan yang tidak dapat ditinggalkan.

Baca Juga :   90 Calon Jamaah Haji Asal Jatim Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Dengan gagal berangkatnya calon jamaah haji asal Jatim ini, sehingga jamaah cadangan mengisi kuota jamaah yang gagal tersebut dan pihak Kemenag Jatim pun langsung mengupayakan pengajuan visa 90 jamaah tersebut.

“Sebenarnya awalnya hanya 70 dan itu sudah kita proses. Tapi ada tambahan 20 calon jamaah haji yang meninggal dunia, hamil dan sakit. Saat ini 17 sudah selesai prosesnya, tinggal 3,” ujar Abdul Haris, Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 di Embarkasi Surabaya akan dimulai hari Sabtu,11 Mei 2024. Kloter pertama hingga kelima akan menjadi kloter awal yang masuk ke asrama haji Embarkasi Surabaya. Total ada 106 kloter haji yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Surabaya. (Nanda Andrianta)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain