Menu
Pencarian

Tekuk Vietnam, Indonesia Berpotensi Melesat 4 Tingkat di Ranking FIFA

Portaljtv.com - Jumat, 22 Maret 2024 08:57
Tekuk Vietnam, Indonesia Berpotensi Melesat 4 Tingkat di Ranking FIFA
Jay Idzes tampil memukau dalam debutnya bersama Timnas Indonesia. (Foto: panditfootball.com)

SURABAYA - Kemenangan atas Vietnam membuat peringkat Timnas Indoensia dalam ranking FIFA diproyeksikan untuk melonjak drastis. Bahkan berpotensi untuk melesat hingga empat tingkat ke atas.

Timnas Indonesia pada Kamis (21/03) malam berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dalam matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan skuad Garuda lahir melalui kaki Egy Maulana Vikri yang berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Kemenangan ini ternyata juga berdampak besar terhadap peringkat Indonesia dalam ranking FIFA. Sebelum pertandingan, timnas Indonesia duduk di peringkat 142 dalam ranking FIFA di sejak paruh kedua Februari lalu. Kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia berhak atas tambahan poin sebanyak 15,37. Dengan demikian, Indonesia meraih total sebanyak 1088,03 poin.

Melansir dari footy ranking, dengan jumlah perolehan tersebut maka Indonesia berhasil melesat ke peringkat 138 atau naik 4 posisi dari yang sebelumnya 142.

Baca Juga :   Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Indonesia Jaga Peluang ke Olimpiade

Sebaliknya, kekalahan atas Indonesia membuat poin Vietnam berkurang 15,37 poin. Alhasil, Vietnam yang awalnya menghuni peringkat 102 dalam ranking FIFA, harus turun ke peringkat 112.

Bagi Vietnam, kekalahan atas Indonesia memperpanjang tren buruk mereka.Tim besutan PhilippeTroussier ini telah enam kali beruntun alami kekalahan. Mulai saat dikalahkan Irak di matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 November lalu, tiga kali kalah di ajang Piala Asia 2023 termasuk saat melawan Indonesia, hingga di pertandingan Kamis malam kemarin.

Indonesia berpeluang kembali memperpanjang rekor buruk The Golden Star Warriors di matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 pekan depan yang akan digelar di Hanoi Vietnam.

Baca Juga :   Jelang Indonesia vs Vietnam: Tak Sabar Menunggu Debut Thom Haye

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain