Menu
Pencarian

Stadion Gelora Bung Tomo Tak Boleh Digunakan

Portaljtv.com - Selasa, 10 Januari 2023 23:15
Stadion Gelora Bung Tomo Tak Boleh Digunakan
Lokasi Stadion GBT
SURABAYA -

Pemkot Surabaya memastikan bahwa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tidak boleh digunakan untuk kegiatan apapun selama proses renovasi jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar pada bulan Mei 2023. Hal ini berdasarkan surat pemberitahuan dari Kementerian PUPR per tanggal 2 Januari 2023.

Tidak hanya GBT, ada 4 lapangan lain yang juga tidak boleh digunakan yakni Lapangan A GBT, Lapangan C GBT, Lapangan Thor serta Gelora 10 November. Diperkirakan kelima lapangan ini tidak boleh digunakan hingga bulan Juni usai Piala Dunia U-20 selesai. Berdasarkan jadwal FIFA, rencananya Piala Dunia U20 di Surabaya akan dimulai pada (22/5/23) mendatang.

“Kami meluruskan informasi yang berkembang, bahwa GBT per tanggal 1 januari hingga selesai, sesuai pada surat Kementerian PUPR nomor CK 0402 cr/9 , intinya pemilik stadion dilarang menggunakan stadion,” kata Trio Wahyu Wibowo , Kabid Olahraga Disbudporpar Surabaya .

Sementara itu, dengan tidak bisa digunakannya stadion GBT menjadi kendala untuk klub Persebaya yang tidak bisa menggunakannya untuk berlatih atau bertanding. Menurut Trio , hal itu sudah mendapatkan solusi dimana Walikota Surabaya telah menghubungi Bupati Gresik untuk menggunakan Gelora Joko Samudro sebagai tempat latihan dan bertanding.

Baca Juga :   Tren Positif, Persik Kediri Optimis Melawan Dewa United

Dengan kondisi tersebut, Manajemen Persebaya memaklumi karena GBT digunakan untuk event dunia yang tidak hanya di Surabaya, juga digelar di sejumlah kota. Alex Tualeka , Manager Fans Relation Persebaya mengatakan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Gresik untuk pengurusan ijin penggunaan gelora Joko Samudro.

“Ini adalah situasi yang harus kita realistis karena informasi ini sudah kami dengar jauh jauh hari sehingga kami sudah harus melakukan persiapan dan alternatif di kota lain,” jelas Alex Tualeka, Manager Fans Relation Persebaya.

Untuk diketahui, rencananya Piala Dunia U-20 akan digelar di 5 stadion di Indonesia yakni Gelora Bung Tomo Surabaya , Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Manahan Solo dan Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali. (vit)

Baca Juga :   “Bajul Ijo” Genjot Kesiapan Jelang Pertandingan lawan Persikabo

Reporter: Selvy Wang - Editor: Vita Ningrum 





Berita Lain