Menu
Pencarian

Sikat Taiwan 3-0, Indonesia Lolos Final Thomas Cup Tiga Kali Beruntun

Sofyan Hendra - Sabtu, 4 Mei 2024 19:13
Sikat Taiwan 3-0, Indonesia Lolos Final Thomas Cup Tiga Kali Beruntun
Jonatan Christie dalam Thomas Cup 2024 di Chengdu, Tiongkok. (Foto: PBSI)

CHENGDU - Tim bulu tangkis Indonesia melaju ke final Thomas Cup 2024 setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0. Ini artinya, Indonesia berhasil tampil di final turnamen beregu putra tersebut tiga kali berturut-turut sejak 2020, di mana itu adalah terakhir kali tim Merah Putih membawa pulang Piala Thomas.

Kemenangan Indonesia dipastikan lewat tunggal kedua Jonatan Christie yang berhasil meredam perlawanan pemain ranking 23 dunia Wang Tsu Wei. Bermain di Hi Tech Zone Sports Centre, Chengdu, Tiongkok, Sabtu (4/5/2024), Juara All England 2024 tersebut menang dua game langsung, 21-11 dan

Dengan kemenangan tersebut, Jonatan masih menjadi pemain Indonesia yang selalu menang saat diturunkan di Thomas Cup tahun ini.

Anthony Sinisuka Ginting menyumbang poin pertama untuk Indonesia setelah berhasil mengalahkan tunggal pertama Taiwan Chou Tien Chen. Bermain 51 menit, Ginting menang dengan dua game langsung, 21-18 dan 21-19.

Baca Juga :   Kalah dari Tiongkok, Indonesia Back to Back Gagal di Final Thomas Cup

“Bersyukur bisa bermain dengan baik dan cukup senang dengan performa hari ini. Naik-turun di lapangan. Kami sama-sama punya strategi dan bisa me-manage dengan baik,” kata Ginting usai laga.

Indonesia mempertebal keunggulan menjadi 2-0 lewat sektor ganda putra. Pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto berhasil menaklukkan Lee Yang / Wang Chi Lin. Dalam pertandingan yang cukup sengit, Juara All England 2024 tersebut sempat kehilangan game pertama. Namun akhirnya mereka bangkit dan menang atas juara Olimpiade Tokyo 2020 tersebut dengan 16-21, 21-19, dan 21-18. “Di game kedua dan ketiga kami harus bisa melawan drive-drive mereka itu dan itu membuahkan hasil. Yang penting kami fokus di tiap poinnya,” kata Fajar.

Jonatan Christie memastikan langkah Indonesia ke final piala beregu putra tersebut dengan mengalahkan Wang Tsu Wei.

Baca Juga :   Sikat Taiwan 3-0, Indonesia Lolos Final Thomas Cup Tiga Kali Beruntun

Sebelumnya tim putri Indonesia juga sukses melangkah ke final Uber Cup 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Seluruh poin tim Uber Cup Indonesia disumbang lewat sektor tunggal putri. Di partai final Piala Uber, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Tiongkok. (sof)

Editor : Sofyan Hendra





Berita Lain