Menu
Pencarian

Mahasiswa UINSA dan Universitas Brawijaya Malang menjadi Duta Bahasa Jawa Timur 2024

Selvy Wang - Kamis, 2 Mei 2024 16:33
Mahasiswa UINSA dan Universitas Brawijaya Malang menjadi Duta Bahasa Jawa Timur 2024
Pemenang pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2024. (Foto: Selvy Wang)

SURABAYA - Balai Bahasa Jawa Timur menggelar final pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2024, dilaksanakan di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, pada Senin (29/4/2024) kemarin. Pada final kali ini, diikuti 10 pasang finalis yang akan berlomba memperebutkan menjadi pemenang duta Bahasa Jatim 2024.

Pemenang duta bahasa Jatim 2024 ini, akan mewakili Jawa Timur pada ajang pemilihan duta bahasa tingkat nasional.

Umi Kulsum, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, mengatakan tujuan ajang pemilihan duta bahasa Jatim ini, untuk menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.

"Tujuan Pemilihan duta bahasa Jatim ini, memang menyasar generasi muda untuk menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional. Dan kita tau saat ini, gempuran bahasa asing banyak digunakan anak muda," kata umi kulsum

Baca Juga :   Mahasiswa UINSA dan Universitas Brawijaya Malang menjadi Duta Bahasa Jawa Timur 2024

Lebih lanjut, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur mendukung penuh ajang ini, karena potensi generasi muda Jatim luar biasa. "Mereka berpotensi dan sangat ketat. Kami harapkan mereka punya kemampuan lebih dan bisa bersaing dan bisa jadi juara di tingkat nasional," kata Umi.

Tak lupa, Umi juga mengapresiasi para pemenang Duta Bahasa Provinsi Jawa Timur. Ia bangga sebab mereka berhasil menunjukkan potensinya hingga menjadi yang terbaik diantara ratusan pendaftar.

Ajang pemilihan duta bahasa Jatim ini, sudah dimulai sejak bulan Maret lalu, dengan diikuti lebih 150 peserta dari seluruh kabupaten kota di Jawa Timur. Seleksi dilakukan bertahap mulai seleksi administrasi dan penulisan esay hingga terpilih 80 peserta untuk mengikuti 5 tahap penjurian. 

Pada tahap penjurian ini, peserta harus bisa menguasai wawasan kebahasaan dan trigatra bangun bahasa, serta wawasan krida bahasa, bahasa asing, sastra dan budaya jawa timur, serta wawasan bakat dan kepribadian hingga terpilih pemenang Duta Bahasa Jawa Timur 2024.

Sementara, Aldian Asmaradana, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan Jesica Maranatha Virgin, Mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Timur 2024. Mereka akan mewakili Jatim di ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional 2024.

Aldian dan Jesica yang baru saja terpilih di ajang Duta Bahasa Jatim akan mengemban tugas yang besar membawa nama Jawa Timur menjadi pemenang dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional yang diselenggarakan Kemendikbudristek. (*)

Editor : Bagus Setiawan





Berita Lain