Menu
Pencarian

Amalan-Amalan yang Dianjurkan di 10 Malam Terakhir Ramadan

Siti Destiana - Selasa, 2 April 2024 12:29
Amalan-Amalan yang Dianjurkan di 10 Malam Terakhir Ramadan
Ilustrasi Ramadan (Canva)

Memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan, banyak umat Islam berlomba-lomba menunaikan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini. Banyak keutamaan pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.

Sepuluh malam terakhir Ramadan merupakan saat di mana nilai pahala berlipat. Rasulullah SAW juga mengamalkan beberapa ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan, seperti:

Rasulullah SAW menghidupkan sepuluh malam terakhir Ramadan dengan melakukan iktikaf di masjid. Mendekatkan diri kepada Allah dengan menjauhi perkara dunia dan lebih fokus dalam beribadah, dzikir, dan doa. Hal ini berdasarkan hadits Riwayat Imam Dailami dari Aisyah ra, Rasullah bersabda:

مَنِ اعْتَكَفَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رَوَاهُ الدَّيْلَمِيُّ عَنْ عَائِشَةَ)

Baca Juga :   Amalan-Amalan yang Dianjurkan di 10 Malam Terakhir Ramadan

Artinya: Siapa yang beriktikaf (bertepatan dengan) Lailatul Qadar karena iman dan mengharap Ridha Allah, maka diampuni semua dosa yang lalu (dosa kecil dan dosa besar).

Meningkatkan Kualitas Ibadah, Dzikir, dan Baca Alquran

Banyak umat Islam mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai kegiatan ibadah, yakni menghabiskan waktu dengan salat, dzikir, dan memperbanyak membaca Alquran beserta maknanya di pengujung Ramadan. Rasulullah SAW berniat dan bersungguh-sungguh di malam-malam akhir Ramadan agar mendapatan malam Lailatul Qadar yang nilai pahalanya lebih baik daripada ibadah seribu bulan.

Baca Juga :   Doa agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Perbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah tidak akan membuat muslim menjadi miskin. Sedekah (berbagi) kepada sesama yang membutuhkan di Ramadan ini akan mendapatkan pahala di sisi Allah. Di sepuluh malam terakhir Ramadan, kita dapat berbagi dengan memberikan makan dan minum kepada orang yang berpuasa, infak, dan sedekah kepada yang membutuhkan seperti uang, barang, dan lain-lain.

Umat Islam wajib berdoa dan meminta kepada Allah. Doa ialah senjata paling mustajab untuk dekat dengan Allah. Di malam menuju kemenangan ini, umat Islam memperbanyak doa untuk kebaikan dan meminta ampunan. (des)

Editor : Sofyan Hendra





Berita Lain