Menu
Pencarian

Usai Dilewati Truk, Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Mojokerto Ambruk

Aminudin Ilham - Jumat, 20 September 2024 16:00
Usai Dilewati Truk, Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Mojokerto Ambruk
Kondisi jembatan di Dusun Sumberjati, Desa Karangjeruk, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang ambruk. (Foto: Istimewa)

SURABAYA - Jembatan di Dusun Sumber Jati, Desa Karang Jeruk, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto ambruk.

Peristiwa ambruknya jembatan yang terletak di perbatasan Kecamatan Dlanggu-Jatirejo ini terjadi pada Kamis (19/9/2024).

Paidi, salah satu warga, mengatakan, jembatan ambruk sesaat setelah dilewati truk sekitar pukul 11.00 WIB.

"Sebelum ambruk tadi ada truk bermuatan material dan kendaraan roda empat lewat. Jembatan ambruk separuh, di sisi selatan," ujarnya.

Baca Juga :   Jatuh dari Atap, Dua Pekerja Pabrik Pakan Ternak di Mojokerto Tewas

Paidi menambahkan sebelum ambruk, kondisi jembatan sudah mengalami ambles di bagian selatan akibat pondasi bawahnya tergerus banjir.

"Sebelum ambruk, kondisi jembatan sudah ambles. Diduga banyaknya truk muatan material yang lewat menjadi salah satu penyebab ambruknya jembatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Sumberjati, Nur Afandi menjelaskan, awalnya kondisi jalan jembatan itu mengalami ambles.

Baca Juga :   Hilang Sepulang Sekolah, 3 Pelajar Ditemukan di Hutan Selokendit Mojokerto

"Amblesnya tahun ini, saat ini tinggal separuh jalan. Kami sudah melaporkan kejadian ini ke Kepala Desa dan diteruskan ke pihak Kecamatan Jatirejo," katanya.

Ia berharap kondisi jembatan tersebut bisa segera diketahui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahah Rakyat (DPUPR) Kabupaten Mojokerto. Pihaknya telah memasang papan himbauan agar pengguna jalan mengetahui dan truk muatan material dialihkan lewat Gondang. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, DPUPR Kabupaten Mojokerto, Henry Surya menambahkan, jika gorong-gorong dibawah jembatan merupakan bangunan lama dari rolak batu bata. Tanah diatasnya tergerus hingga jalan beton menggantung dan putus," tuturnya. 

Baca Juga :   SDN Kauman 1 Mojokerto Dibobol Maling, Laptop dan Peralatan CCTV Amblas

Pihaknya sudah mengecek ke lokasi dan diketahui jika jembatan penghubung dua kecamatan tersebut putus sepajang 3 x 2 meter. Terkait penanganan dan upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, pihaknya masih akan membahasnya lebih lanjut. (*)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain



Berlangganan Newsletter

Berlangganan untuk mendapatkan berita-berita menarik dari PortalJTV.Com.

    Cek di folder inbox atau folder spam. Berhenti berlangganan kapan saja.