Menu
Pencarian

Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Portaljtv.com - Senin, 29 Januari 2024 10:57
Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Ribuan suporter dukung perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (Foto: AFC Asian Cup)

SURABAYA - Kiprah Timnas Indonesia di turnamen Piala Asia 2023 harus terhenti di babak 16 besar. Skuad Garuda besutan Shin Tae-yong tersingkir setelah Minggu (28/01/2024) kemarin dikalahkan oleh Australia dengan skor telak 0-4. Kekalahan ini membuat Indonesia harus angkat koper dari turnamen yang digelar di Qatar tersebut. Sementara Australia melaju ke perempat final.

Meski kalah dan harus tersingkir di babak 16 besar, namun Asnawi Mangkualam dkk tampil luar biasa dan banyak merepotkan lini pertahanan Australia. Bahkan beberapa kali mengancam gawang lawan di sepanjang babak pertama.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Australia menjadi laga pembuka babak 16 Besar turnamen Piala Asia 2023. Pertandingan ini digelar di Stadion Jassim bin Hammad di kota Al Rayyan.

Baca Juga :   Prediksi Copenhagen vs Man City pada Babak 16 Besar Liga Champions 2023/2024

Di hadapan lebih dari 7800 penonton yang sebagian besar pendukung tim Merah Putih, pelatih Shin Tae-yong menurunkan formasi 3-4-3. Kehadiran ShaynePattynama, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Asnawi Mangkualam membuat lini tengah timnas cukup solid.

Bahkan di enam menit awal pertandingan, Timnas Indonesia mampu mengancam gawang Australia melalui peluang Rafael Struick yang membuat bola meluncur di atas mistar gawang Australia.

Meski tampil cukup apik, namun gawang timnas justru kebobolan sejak menit 12. Bola tendangan  Jackson Irvine mengenai kaki Elkan Baggott dan meluncur masuk ke gawang yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi. Australia unggul 1-0.

Baca Juga :   Timnas Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Tim Merah Putih yang lebih banyak menyerang berupaya membalas. Di menit 23 Justin Hubner melepas tembakan yang mengarah ke gawang Australia. Namun bola masih dapat ditangkap oleh Mathew Ryan.

Tim besutan Shin Tae-yong terus bermain agresif. Bahkan beberapa kali Marselino Ferdinan dan Yakob Sayuri mengancam gawang Australia. Di menit 39 Marselino melepas umpan crossing kepada Yakob Sayuri. Sayangnya, bola tendangan pemain PSM Makassar ini masih melambung tinggi di atas gawang Australia.

Satu menit jelang akhir babak pertama, Australia justru mampu gandakan keunggulan. Sundulan Martin Boyle mengoyak gawang Indonesia dan merubah kedudukan menjadi 2-0.

Baca Juga :   Ini Lawan Timnas Indonesia pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Di babak kedua,Australia mampu meredam serangan tim Merah Putih.Sebaliknya, beberapa kali gawang Ernando Ari terancam oleh serangan serangan dari Australia. Memasuki menit 89 Ernando Ari sempat melakukan penyelamatan gawang, sebelum akhirnya gagal menghalau tembakan dari Craig Goodwin.

Upaya Skuad Garuda akhirnya harus berakhir dengan gol keempat Australia melalui sundulan pemain klub Leicester City Harry Souttar di masa injury time. Australia kalahkan Indonesia dengan skor 4-0. Australia melaju ke perempat final, sementara Indonesia harus terhenti di babak 16 Besar.

Meski gagal, namun pencapaian ini menjadi prestasi terbaik Timnas Indonesia setelah 17 tahun lamanya absen dari ajang Piala Asia. Dari lima kali mengikuti turnamen antar negara Asia, baru kali ini Indonesia bisa menembus fase knockout atau babak 16 Besar.

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain