Menu
Pencarian

Shin Tae-yong Siapkan Skema Khusus Timnas Lawan Jepang

Portaljtv.com - Rabu, 24 Januari 2024 08:47
Shin Tae-yong Siapkan Skema Khusus Timnas Lawan Jepang
Egy Maulana Vikri temani Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers sebelum laga melawan Jepang. (Foto: AFC Asian Cup)

SURABAYA - Timnas Indonesia Rabu (24/01/2024) petang nanti akan menjalani laga terakhir di fase grup Piala Asia 2023. Menghadapi tim kuat Jepang, pelatih Shin Tae-yong telah menyiapkan skema khusus yang berbeda dari dua laga sebelumnya.

Setelah menjalani dua pertandingan di Grup D, Timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang masih memiliki harapan untuk lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Dengan modal 3 poin, Skuad Garuda petang nanti akan melawan Jepang yang juga masih menggantungkan nasibnya di laga terakhir.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui Timnas Jepang menjadi lawan paling berat bagi tim Merah Putih di Grup D. Karena itu dirinya sudah menyiapkan skema khusus demi meraih poin di laga nanti. “Kita semua tahu Jepang adalah tim terkuat di Asia. Pertandingan besok (hari ini-red) akan menjadi laga berat bagi kami. Namun saya tetap ingin menunjukkan bahwa sepakbola Indonesia sudah berkembang dan kami akan bermain dengan baik," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan ini mengakui persiapan melawan tim sekelas Jepang jelas berbeda dibandingkan saat menghadapi lawan-lawan sebelumnya. Karena itu ia telah menyiapkan skema khusus demi meredam Kaoru Mitoma dkk. “Tidak seperti pertandingan sebelumnya, kami menggunakan metode yang berbeda untuk menghadapi pertandingan melawan Jepang. Kita menggunakan warna tim yang berbeda, fitness pemain yang berbeda, serta gaya permainan yang berbeda. Jadi, kami menatap pertandingan melawan Jepang dengan persiapan yang berbeda,” tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga :   Tekuk Vietnam, Indonesia Berpotensi Melesat 4 Tingkat di Ranking FIFA

Kemenangan 1-0 atas Vietnam di laga sebelumnya diyakini telah meningkatkan mental pertandingan para punggawa Skuad Garuda. Seperti yang diungkapkan penyerang timnas Egy Maulana Vikri. Menurut Egy, seluruh pemain akan berusaha mati-matian untuk mewujudkan harapan demi mencetak sejarah lolos ke babak 16 Besar.

“Kemenangan di laga sebelumnya jelas meningkatkan mental saya dan rekan-rekan saya. Kami lapar untuk kemenangan lainnya dan kami siap untuk menghadapi Jepang besok (hari ini-red). Jika kami berhasil lolos, itu akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan merupakan mimpi kita semua. Meskipun sulit, tidak ada yang tidak mungkin. Suporter telah memberikan dukungan besar kepada kami karena itu setiap pemain akan mati-matian untuk mewujudkan sejarah tersebut,” ujar Egy di hadapan awak media.

Sementara itu pelatih tim Jepang Hajime Moriyasu yakin tim besutannya akan mengalahkan Indonesia. Meski begitu dalam sesi konferensi pers kemarin, salah satu pemain Jepang Takehiro Tomiyasu menilai Indonesia patut diwaspadai. Bek Arsenal ini akan berusaha keras untuk mematahkan semua upaya Indonesia dalam mencetak gol ke gawang Jepang.

Baca Juga :   Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di GBK

“Pertandingan besok tidak akan mudah bagi kami. Hal tersebut sudah kami rasakan dalam dua pertandingan sebelumnya. Kami belajar banyak dari kekalahan kami saat melawan Irak. Terlebih lagi Indonesia yang akan menjadi lawan kami, masih punya peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Kami akan sekuat tenaga untuk meredam perlawanan mereka. Sebagai pemain bertahan saya akan berusaha sekuat tenaga agar bisa clean sheet,” tegas Tomiyasu.

Timnas Indonesia akan menghadapi laga terakhir Grup D melawan Jepang petang nanti di Stadion Al Thumama Doha mulai pukul 18.30 WIB. Kedua tim butuh kemenangan untuk memastikan lolos ke babak 16 Besar. Sementara bagi timnas Indonesia, hasil imbang membuat peluang lolos sangat terbuka lebar.

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain