Menu
Pencarian

Saya Mengalami Kekerasan dari Suami, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Portaljtv.com - Sabtu, 19 Oktober 2024 12:13
Saya Mengalami Kekerasan dari Suami, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Ilustrasi made by AI

"Saya adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Awalnya karena masalah ekonomi, suami saya melemparkan air gelas mineral utuh ke wajah saya hingga menyebabkan bengkak di area mata serta penglihatan menjadi gelap. Ini bukan kejadian pertama. Kekerasan sering terjadi saat ia melampiaskan emosinya kepada saya. Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan keadilan?"

AMF (Laporan Portal JTV, Jumat, 6/9/2024)

Jawaban:

Dear Ibu AMF, pertama-tama, kami turut prihatin atas pengalaman ibu. Menindaklanjuti kejadian ini, berikut beberapa langkah yang bisa Ibu ambil:

Laporkan ke Polisi: Segera melaporkan setiap tindakan kekerasan ke Polsek atau Polres terdekat. Ibu akan diarahkan ke Unit Perempuan dan Anak yang khusus menangani kasus-kasus seperti ini.

Lakukan Visum: Dokumentasi awal yang Ibu lakukan sudah tepat, tetapi untuk memperkuat laporan, Ibu perlu melakukan visum et repertum di rumah sakit. Visum ini berfungsi sebagai bukti sah di pengadilan.

Minta Pendampingan Hukum: Ibu bisa menghubungi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Surabaya melalui nomor 08113345303. Layanan ini menyediakan pendampingan hukum dan psikologis untuk korban KDRT.

Minta Perlindungan: Ibu juga bisa meminta perlindungan sementara melalui P2TP2A atau lembaga perlindungan lain untuk menjamin keselamatan selama proses hukum berlangsung.

Tidak ada kata terlambat untuk melaporkan dan mendapatkan hak ibu. Kami berharap ibu selalu diberikan kekuatan dan perlindungan.

Inayah Sri Wardhani, S.Psi, Konselor

Jika Anda warga Jawa Timur yang memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi melalui rubrik Curhat Warga di Portal JTV, kami akan mencarikan pakar untuk menjawab permasalahan Anda. Silakan kirimkan curhatan Anda ke email: portal@jtv.co.id, sertakan data diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan foto KTP.

Kami akan menampilkan solusi dari pakar yang sesuai dengan masalah yang Anda hadapi. Tetap semangat, dan jangan ragu untuk berbagi cerita!

Editor : Iwan Iwe





Berita Lain



Berlangganan Newsletter

Berlangganan untuk mendapatkan berita-berita menarik dari PortalJTV.Com.

    Cek di folder inbox atau folder spam. Berhenti berlangganan kapan saja.