Menu
Pencarian

Hari Pertama Job Fair Ponorogo 2024 Banjir Pencari Kerja, 2.790 Lowongan Ditawarkan

Ega Patria - Sabtu, 21 September 2024 09:35
Hari Pertama Job Fair Ponorogo 2024 Banjir Pencari Kerja, 2.790 Lowongan Ditawarkan
Job fair 2024 di Ponorogo banyak dipadati pencari kerja.
PONOROGO -

Job Fair Ponorogo 2024 resmi dibuka dan langsung diserbu ratusan pencari kerja. Acara yang berlangsung di Ponorogo City Center ini menawarkan 2.790 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi.

Hari pertama Job Fair Ponorogo 2024 yang berlangsung di Ponorogo City Center (PCC) langsung dipadati pencari kerja. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, dan akan berlangsung selama dua hari, dari 20-21 September 2024

Sebanyak 2.790 lowongan kerja dari 40 perusahaan tersedia dalam acara ini, yang menawarkan kesempatan emas bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Baca Juga :   Ratusan Warga NU Blitar Gugat PBNU, Soroti Cacat Hukum SK Pengurus Baru

“Lagi nyari kerja,” kata Vera, salah satu pencari kerja yang turut hadir bersama temannya Fitri. 

“Tadi sempat lihat-lihat lowongan buat guru sih. Kan emang (latar belakangnya, red) dari pendidikan juga. Sama tadi lihat lowongan di Astra Finance,” tambahnya. 

Vera mengetahui informasi mengenai Job Fair ini melalui media sosial dan mendaftar melalui aplikasi online. “Dari instagram sih, daftarnya lewat aplikasi,” ujarnya.

Baca Juga :   Jelang Penetapan, Bakal Calon Bupati Jombang Terus Bergerilya Cari Dukungan

Job Fair Ponorogo 2024 ini merupakan hasil kolaborasi antara Kemnaker dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo

Menurut Anwar Sanusi, acara ini bertujuan mempertemukan secara langsung antara pencari kerja (supply) dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja (demand), baik secara offline maupun online. 

Selain itu, Anwar juga berharap acara ini dapat membantu menekan angka pengangguran di Ponorogo, yang saat ini mencapai 4,7% atau sekitar 27 ribu orang.

Baca Juga :   Pelamar CPNS di Kota Batu Tembus 3.579 Orang

“Alhamdulillah hari ini kita bisa mengadakan job fair dengan menghadirkan 40 perusahaan dan 115 jabatan dengan kebutuhan angkatan kerjanya 2.790 orang. Mudah-mudahan angka tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Anwar. 

Ia menambahkan, jika jumlah lowongan yang ada dapat dipenuhi, bukan tidak mungkin angka pengangguran di Ponorogo dapat berkurang.

“Saya yakin jika jumlah tersebut dipenuhi, angka pengangguran akan bisa semakin diturunkan.”

Anwar Sanusi menjelaskan, salah satu masalah utama yang dihadapi dunia ketenagakerjaan saat ini adalah ketidaksesuaian antara kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan dengan ketersediaan tenaga kerja di lapangan. 

Oleh karena itu, Job Fair seperti ini sangat penting untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

“Makanya kami terus berupaya secara aktif untuk memberikan kesempatan dan informasi kerja yang bisa dimanfaatkan oleh para angkatan kerja yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan,” tambah Anwar.

Dengan adanya 2.790 lowongan yang tersedia, para pencari kerja memiliki kesempatan besar untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi mereka. 

Acara ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi banyak orang yang selama ini masih kesulitan menemukan pekerjaan yang tepat.(Ega Patria/Miftakhu Alfi Sa'idin)

Editor : Iwan Iwe






Berita Lain



Berlangganan Newsletter

Berlangganan untuk mendapatkan berita-berita menarik dari PortalJTV.Com.

    Cek di folder inbox atau folder spam. Berhenti berlangganan kapan saja.