Menu
Pencarian

Dosen dan Mahasiswa Manajemen FEB Unair Tingkatkan Inovasi Aplikasi

Portaljtv.com - Jumat, 26 April 2024 01:36
Dosen dan Mahasiswa Manajemen FEB Unair Tingkatkan Inovasi Aplikasi
Rapat diskusi bersama staf Departemen Manajemen FEB Unair dan Himpunan Mahasiswa pada Kamis, 25 April 2024. (Foto: Departemen Manajemen FEB Unair)

SURABAYA - Para dosen dan mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi (FEB) Universitas Airlangga (Unair) mencatatkan kenaikan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKi) dari tahun ke tahun. Hak tersebut meliputi buku, karya ilmiah, karya seni, hingga aplikasi.

Sepanjang 2023, HaKi yang dimiliki tercatat 18 karya. Capaian tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan 2018 yang hanya 4 HaKI. Tren positif tersebut diproyeksikan akan terus berlanjut. Tahun ini, hingga triwulan pertama saja, sudah ada 7 karya HaKI milik mahasiswa dan dosen Departemen Manajemen FEB Unair.

Beberapa contoh aplikasi karya dosen yang dimanfaatkan masyarakat luas adalah digiseminar.id karya Dr Gancar C. Premananto untuk pengadaan seminar internasional. Juga, aplikasi akuntansiumkm karya Dr Fitri Ismiyanti yang dimanfaatkan untuk membantu UMKM dalam membuat laporan keuangan. Ada juga ruangpamer.co.id karya beberapa dosen Manajemen yang dipimpin Dr Tri Siwi Agustina untuk ruang pamer karya kewirausahaan mahasiswa.

HaKI yang dimiliki mahasiswa juga terus berkembang. Pada 2022-2023, karya HaKI mahasiswa didominasi buku-buku manajemen terapan. Sedangkan pada 2023-2024, karya HaKI mahasiswa telah masuk ke pembuatan aplikasi. Beberapa di antaranya adalah instrumen pengukuran perilaku Green Employee karya Liliek Harmianto dari MM FEB Unair. Kemudian zakat game, aplikasi permainan berbasis Instagram karya Fajrin Purnomo dari MSM FEB Unair. Ada pula Nur Habiba Zain, mahasiswa MSM FEB Unair, yang membuat tebak foto dosen, sebuah aplikasi permainan berbasis Instagram.

Baca Juga :   Dosen dan Mahasiswa Manajemen FEB Unair Tingkatkan Inovasi Aplikasi

Ketua Departemen Manajemen FEB Unair Dr. Gancar C. Premananto menyampaikan rasa syukurnya dalam rapat koordinasi bersama Ketua Himpunan Mahasiswa dari seluruh program studi pada Kamis (25/4/2024). "Alhamdulillah, kami dapat menunjukkan bahwa baik dosen dan mahasiswa Manajemen merupakan orang-orang yang aktif membuat karya-karya aplikatif di era digital ini," ujarnya.

Gancar menambahkan, karya-karya aplikatif tersebut penting agar Indonesia tidak hanya menjadi bangsa yang konsumtif terhadap produk luar negeri. "Namun kita juga sebagai pihak yang produktif berkarya untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia. Kami berharap karya-karya ini akan semakin meningkat di kemudian hari," ujar Gancar.

Departemen Manajemen FEB Unair memiliki empat program studi. Yakni, S1 Manajemen, Magister Sains Manajemen (MSM), Magister Manajemen (MM), dan Program Doktor Ilmu Manajemen. (*)

Baca Juga :   Sidang PKPU Kepailitan, PT CFK Hadirkan Saksi Ahli Dari Unair

Editor : Sofyan Hendra





Berita Lain