Menu
Pencarian

Asyiknya Menikmati Libur Sekolah Sambil Memetik Jeruk Pulung di Ponorogo

Portaljtv.com - Kamis, 9 Mei 2024 15:50
Asyiknya Menikmati Libur Sekolah Sambil Memetik Jeruk Pulung di Ponorogo
Sejumlah siswa mengisi waktu libur sekolah dengan memetik buah jeruk Pulung di Ponorogo. (Foto: Ega Patria)

Libur sekolah menjadi moment yang dinanti bagi kebanyakan orang, terutama bagi keluarga yang ingin menikmati waktu bersama.

Salah satunya, destinasi wisata petik jeruk pulung di Ponorogo, selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal saat waktu libur panjang.

Bertempat di jalan Desa Singgahan, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, wisata petik jeruk pulung selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Ponorogo.

Tidak hanya menyuguhkan petik jeruk langsung dipohonnya, warga yang berkunjung diperkebunan ini juga bisa menikmati keindahan alam sekaligus merasakan segarnya buah jeruk keprok pulung.

Baca Juga :   Asyiknya Menikmati Libur Sekolah Sambil Memetik Jeruk Pulung di Ponorogo

Pengunjung wisata petik jeruk, Atin mengatakan sangat senang dan puas setelah mengunjungi kebun jeruk keprok pulung bersama keluarganya.

“Saya datang bersama rombongan keluarga, memang sengaja berlibur dikebun jeruk ini, sekalian menikmati pemandangan alamnya dan bisa petik jeruk pulung dipohonnya,” ucap atin

Sambil memakan buah jeruk, Atin mengaku rasa jeruk keprok pulung ini berbeda dengan jeruk yang lainya, karena rasanya manis, segar dan sedikit asam.

“Rasanya enak, jeruk ini juga manis meski sedikit ada rasa asamnya, tapi sangat segar,”tegasnya

Tidak banyak yang tau, jika jeruk keprok pulung ini merupakan varietas yang hanya tumbuh di Kecamatan Pulung, Ponorogo. Jeruk keprok pulung, termasuk langka karena pada tahun 80’an hingga tahun 90, tanaman khas Kecamatan Pulung ini mulai mati akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) banyak menyerang tanaman jeruk, sehingga pohon jeruk tinggal sedikit yang bisa dipertahankan.

Dari tangan pasangan suami istri, Salason (65) dan Supini (59), Pohon jeruk keprok pulung kini tumbuh dengan subur dilahan seluas 40 x 20 meter persegi dan sudah ada 200 pohon jeruk yang tertanam.

“Awalnya saya mencoba untuk mengembangkan jeruk pulung yang banyak terkena penyakit, tapi memang harus sabar, pohon jeruk kembali tumbuh subur dan sudah ada 200 pohon tumbuh dikebun,” ungkap Salason

Bagaimana, anda tertarik untuk datang kekebun jeruk keprok pulung. Karena Wisata alam sekaligus petik jeruk di kecamatan Pulung, Ponorogo ini bisa menjadi alternatif tempat berlibur bersama keluarga disaat libur panjang kali ini.

Pengunjung hanya membayar saat buah jeruk yang sudah dipetik dengan perkilogramnya Rp. 15.000,- . (Ega Patria)

Editor : Bagus Setiawan





Berita Lain