Menu
Pencarian

Penerbit Erlangga Gelar Festival Pendidikan Bertajuk Jakarta EduFest 2024

Portaljtv.com - Jumat, 3 Mei 2024 18:00
Penerbit Erlangga Gelar Festival Pendidikan Bertajuk Jakarta EduFest 2024
Jakarta EduFest 2024.

JAKARTA - Penerbit Erlangga menyelenggarakan festival pendidikan bertajuk Jakarta EduFest 2024 pada tanggal 4-5 Mei 2024 di MGP Space, SCBD Park, Jakarta Selatan. Acara yang dilaksanakan sebagai perayaan Hari Pendidikan Nasional dan Anniversary ke-72 Penerbit Erlangga ini, menjadi wadah bertemunya pelajar, orang tua, dan insan pendidikan dari berbagai bidang keahlian, mulai dari sains, teknologi, hingga lingkungan hidup. Seluruh penggiat pendidikan dihadirkan oleh Erlangga untuk memotivasi para peserta didik di Indonesia dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas dan inovasi diri.

Adapun ragam acara yang disuguhkan meliputi seminar, workshop, talkshow, peluncuruan produk, games, pameran buku, dan berbagai aktivitas terkait pendidikan.

Nah, berikut ini jadwal acara Jakarta EduFest 2024, yang sayang jika dilewatkan:

Hari pertama, Sabtu, 4 Mei 2024 acara Jakarta Edufest dimulai dengan kegiatan “AKM Mastery Marathon” jenjang SMA atau simulasi menghadapi ujian AKM.

Baca Juga :   Penerbit Erlangga Gelar Festival Pendidikan Bertajuk Jakarta EduFest 2024

Acara ini diikuti oleh pelajar SMA atau sederajat di Jakarta yang untuk membantu melatih para peserta didik sebelum menghadapi ujian AKM sebenarnya. Setiap peserta akan menjawab soal secara digital. Try out ini dilengkapi dengan live scoring sehingga memudahkan peserta memantau hasil simulasi ujian AKM.

Acara kedua adalah “Exploring Erklika”, kegiatan ini memuat talkshow dengan tema “Empower Our Mind: Unleashing Erklika for a New Generation of Learners” dengan narasumber Mochamad Iqbal Firdaus, S.T. (Koordinator Kelompok Kerja Transformasi Digital Direktorat SMA Kemendikbud), Peachy Liv (Influencer Bidang Pendidikan), serta dr. Nadhira Nuraini Afifah (Dokter dan Influencer) yang juga bertindak sebagai moderator. Acara ini juga disertai dengan peluncuran produk baru Erklika jenjang SMA yang menyajikan pembelajaran berbasis video dan audio sesuai dengan minat siswa saat ini.

Setelah itu, ada talkshow “Kendaraan Listrik dan Environmental Sustainability”. Acara ini bertujuan untuk mendukung program sustainable living dalam peningkatan penggunaan transportasi ramah lingkungan. Narasumber yang dihadirkan antara lain Devi Laskmi (Koordinator Pengembangan Usaha Konservasi Energi), Purwanto (Korlap Proyek Mobil Listrik di SMKN 1 Jakarta), Juniardo Akbar (General Manajer PT. Cherindo Lamda Sejahtera), dan Moderator Ruth Putriyani (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie).

Selanjutnya, acara talkshow dengan tema “Empower The Future, Enjoy Your Drive Electric With Jaja Auto X BYD”. Talkshow ini diharapkan dapat menunjang pengetahuan teknologi mengenai mobil listrik sebagai peluang untuk pengembangan teknologi yang lebih canggih dan efisien dalam industri otomotif. Pada acara ini, pengunjung dapat merasakan sensasi mengendarai mobil listrik terbaru BYD.

Masih di hari yang sama, ada pula talkshow “Learn Japanese and Change Your Future” tentang pentingnya belajar Bahasa Jepang. Pengisi materi dari Jepang Foundation yakni Meivy Pangarepan dan Abigail Indriana. Keduanya merupakan guru Bahasa Jepang. Adapula Nurul Diah Ekawati (Guru Bahasa Jepang SMAN 75 Jakarta), dan Ayana Shahab sebagai moderator. Acara juga diselingi oleh pertunjukan Taiko atau pertunjukan alat musik perkusi Jepang.

Pada hari pertama, kegiatan ditutup dengan acara Jakarta EduFest Berkaraoke dan music performance oleh Band Sore dan DJ Tosynth.

Di hari kedua, Minggu, 5 Mei 2024 kegiatan diawali oleh lomba mewarnai yang mengusung tema “Save Badak” dengan peserta anak-anak jenjang PAUD dan Sekolah Dasar. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow “Rumah yang Nyaman untuk Badak Jawa” sekaligus peluncuran buku cerita berjudul Baja si Badak Jawa yang diterbitkan Erlangga for Kids (Imprint Penerbit Erlangga).

Dalam pelaksanaannya, EFK menggandeng YABI (Yayasan Badak Indonesia) untuk menghadirkan narasumber Rheza Maulana (Peneliti dan Aktivis Lingkungan), Nucke (Perwakilan YABI), Jolene Marie (Putri Indonesia Lingkungan 2019), dan Rezara sebagai moderator.

Acara selanjutnya adalah “Amazing Adventure with Phintar Books” atau kegiatan games seru yang diikuti oleh peserta Sekolah Dasar di Jabodetabek. Permainan edukatif ini mengusung konsep kompetisi estafet, yakni diawali dengan menjawab soal-soal Matematika, IPAS, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar akan diberikan potongan puzzle. Selain itu, terdapat acara cerdas cermat bertajuk “Generasi Juara”, dengan peserta Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas.

Acara berikutnya peluncuran aplikasi baru persembahan dari Master Diskon, sebuah perusahaan berbasis aplikasi dan situs web yang bergerak di tour dan travel. Acara menarik selanjutnya adalah talkshow Health First: Tips Pencegahan dan Pola Hidup Sehat bersama narsumber DR. Vito A. Damay (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah) dengan moderator Adhya Anwari (Presenter TV).

Pada Jakarta Edufest 2024 juga menyajikan pameran buku yang terdapat di area Mezzaninne MGP Space. Di area mezzanine juga terdapat mini workshop dari Kok Bisa, Historia, dan Penerbit Patjar Merah.

Sebagai penutup kegiatan, menghadirkan DJ Downie dan MC Rongkie untuk menghibur para pengunjung yang hadir. (*)

Editor : Iwan Iwe





Berita Lain